Empat siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Tangerang Selatan berhasil memboyong predikat juara pada International Youth Robot Competition (IYRC), di Beijing, Kamis (16/08).

Kompetisi yang berlangsung pada 15 – 19 Agustus 2018, terbagi dalam dua tingkat junior dan senior dengan 4 kategori lomba, yaitu : King of The Ring, Fire Fighting, Creative Design, dan Humanoid Mission.

Dua predikat juara berhasil diraih oleh Zidanelfaya Resqi, Nabil Zidan Al-Munir, Givan Chiraghia, dan Izzatil Ishmah dalam kompetisi yang diselenggarakan oleh IYRA China Association. “Kompetisi ini diikuti oleh 15 negara, diantaranya Korea, China, Indonesia, Thailand, Malaysia, Rusia, Vietnam, dan sebagainya,” tutur pendamping sekaligus pelatih Tim Robotik MTs N 1 Tangsel, Imam lewat pesan singkat.

Imam menuturkan Tim Robotik MTs N 1 Tangsel berhasil menyabet Gold Prize untuk kategori Humanoid Mission dan Creative Design. “Dalam kategori Humanoid Mission, kita berhasil menyingkirkan tim Israel dan Korea. Sementara, untuk kategori Creative Design berhaasil mengungguli Malaysia dan Korea,” ujar Imam menambahkan.

 Imam mengaku bangga dengan prestasi yang diraih oleh Tim Robotik MTs N 1 Tangsel. Sebelumnya, tim yang bertolak ke Beijing pada tanggal 13 Agustus 2018 lalu, telah melakukan persiapan selama dua bulan. “Mereka mengikuti persiapan yang terarah dan terukur, dengan melakukan latihan intensif setiap hari selama dua bulan. Alhamdulillah membuahkan hasil,” kata Imam.

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kemenag A.Umar mengapresiasi capaian membanggakan siswa MTs N 1 Tangsel di pentas internasional. “Ini merupakan bukti komitmen Direktorat KSKK Madrasah untuk menyiapkan generasi muda menyongsong tantangan industri 4.0,” ujar Umar.

Menurut Umar, Direktorat KSKK Madrasah akan memberi bantuan apresiasi siswa berprestasi. “Masing-masing akan diberikan Rp. 6.300.000,” kata Umar. (Sumber: www.kemenag.go.id)


Fitur News